There was an error in this gadget

Wednesday, April 6, 2011

KETIDAKPASTIAN

Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti yang berarti tidak menentu, sehingga ketidakpastian merupakan hal yang tidak menentu. Dalam ketidakpastian sesorang teromabang-ambing antara ya dan tidak, sudah dan belum, jadi atau tidak, mau atau tidak mau, sehingga oorang demikian selalu dalam keragu-raguan. Karena sulit untuk menentukan pilihan atau belum menentunya suatu keadaan, maka orang yang mengalami ketidakpastian selalu dalam kebimbangan. Ia pun sering mengalami kegelisahan. Semua ini merupakan gejala-gejala psikis yang dialami oleh orang dalam ketidakpastian yang dalam tempo lama dapat menimbulkan stress.
Ditinjau dari segi waktunya, ketidakpastian berada antara waktu sekarang, waktu terjadinya ketidakpastian itu sendiri, dan waktu yang akan datang setelah diperoleh kepastian. Bagi orang yang berperibadi emosional,ketidakpastian sangat mudah mengundang marah yang kadang-kadang secara ekstrim diwujudkan dengan memukul-mukul barang untuk melepaskan rasa ketidakpastiannya. Sebaliknya bagi orang yang memiliki pribadi tenang, ia bersikap biasa saja, tetapi pikirannya berjalan terus untuk mencari penyelesaian. Bagi orang yang berpribadi lemah, ketidakpastian benar-benar menyulitkan hidupnya, dia selalu dalam kebimbangan, keragu-raguan, kebingungan, dan tergambar jelas dalam kegelisahannya. Selain berpengaruh terhadap dirinya sendiri ketidakpastian yang ia rasakan juga akan mempengaruhi orang lain.
Seseorang dapat mengalami ketidakpastian dalam beberapa hal, diantaranya dalam menentukan pilihan, pada saat-saat harus menunggu, dan kepastian dalam bidang hukum.

No comments:

Post a Comment