There was an error in this gadget

Wednesday, April 6, 2011

Bahasa Pemograman dan Script di Web

Bagi kita pengguna web jangan hanya jadi pengguna saja tanpa mengetahui program apa saja yang di gunakan untuk membuat sebuah web. Berikut merupakan beberapa bahasa pemrograman yang dibuat untuk membuat sebuah web. Meskipun hanya sebuah rangkuman biasa semoga dapat berguna bagi anda.

HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser. HTML terdiri dari kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Isi dokumen HTML tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. File HTML berekstensi .htm atau .html.

PHP

Hypertext Preprocessor (PHP) adalah bahasa script pemograman interpreter (tanpa perlu kompilasi) yang diproses secara dinamis dan cepat untuk ditampilkan di web browser. Kebanyakan sintaks PHP dipinjam dari bahasa C, Java dan Perl dengan beberapa kelebihan didalamnya. Untuk menjalankan PHP diperlukan sebuah webserver yang dilengkapi dengan PHP engine. File PHP biasanya berekstensi .php. Pada saat ini pengguna PHP mencapai sekitar 7 juta domain meliputi sekitar 1 juta IP address. PHP berfungsi untuk membuat website yang mempunyai koneksi ke program database populer seperti SQL sehingga pada akhirnya digunakan untuk membuat fasilitas , seperti login, guestbook dan sebagainya jadi PHP dapat membangun halaman webyang dinamis secara cepat dan mudah. Dukungan script PHP ini dengan menggunakan pemakaian Frontpage, pastikan Frontpage menjadi editor default untuk Script PHP nya.

JSP

JavaServer Pages (JSP) adalah bahasa pemograman berbasis teknologi Java. Seperti bahasa scripting lainnya, JSP juga memproses kode secara interpreter secara cepat. Namun JSP juga dapat dikompilasi menggunakan Java compiler. Teknologi JSP mengijinkan programmer untuk menambahkan kode Java kedalamnya. Untuk menjalankan JSP diperlukan Java Servlets. File JavaServer Pages berekstensi .jsp.

XHTML

Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) adalah bahasa pemograman web yang memuat sintaks HTML sekaligus memuat juga sintaks XML. Untuk menjalankan XHTML yang diperlukan adalah sebuah webserver yang mendukung XML module.

ASP

Active Server Pages (ASP) – ASP adalah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang dapat memudahkan penulisan aplikasi web. ASP juga dapat ditulis dalam script Visual Basic atau Javascript dan memasukkan kemampuan tambahan agar halaman web menjadi dinamis dan disimpan dengan ekstensi ASP. ASP semula bernama dbWeb, dan dibuat oleh Aspect Software Engineering- merupakan bahasa pemograman web yang dikhususkan berjalan diatas Microsoft Windows yang telah terpasang Internet Information Services (IIS) Server.

Kompatibilitas ASP :

• Untuk menjalankan IIS, itu harus mempunyai Windows NT 4.0 atau yang lebih baru

• Untuk menjalankan PWS, itu harus mempunyai Windows 95 atau yang lebih baru

• ChiliASP dan InstantASP adalah teknologi yang menjalankan ASP tanpa system operasi Windows

CFML

ColdFusion Markup Language (CFML) adalah bahasa script seperti ASP dan PHP yang berjalan diatas ColdFusion server. ColdFusion juga menyertakan CFScript, yaitu sebuah pemograman seperti JavaScript dan ActionScript. ColdFusion dibuat pertama kali oleh Allaire Corporation menggunakan Microsoft Visual C++ yang kemudian diakuisisi oleh Macromedia. Dan terakhir Macromedia pun diakuisi oleh Adobe Systems. ColdFusion berekstensi .cfm atau .cfml.

Ruby

Ruby adalah sebuah bahasa pemograman web dimana si pembuat awal -Yukihiro Matsumoto- menginginkan sebuah bahasa pemograman baru yang lebih canggih dari Perl dan lebih berorientasi objek dibandingkan Python.Beberapa varian Ruby diantaranya adalah Rubinius, Ruby.NET, XRuby, YARV, dan MagLev.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemograman web bergaya sintaks bahasa C yang biasanya dijalankan bersama-sama dengan bahasa HTML dan mengakses properti Document Object Model (DOM) atau sebagai fungsi eksternal. JavaScript awalnya dibuat oleh Brendan Eich di Netscape dengan nama Mocha, dimana kemudia diberi nama LiveScript, dan akhirnya diberi nama JavaScript setelah ada perjanjian bisnis antara Netscape dan Sun sebagai pertukaran antara Netscape browser yang menyertakan Sun Java runtime. File JavaScript eksternal biasanya berekstensi .js.

No comments:

Post a Comment