There was an error in this gadget

Wednesday, April 6, 2011

Siksaan

Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan yang dialami sesorang, timbullah penderitaan.
1. Kebimbangan
Kebimbangan dialami oleh sesorang apabila suatu saat ia tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil. Misalnya pada saat seseorang akan menentukan pilihan untuk pergi atau tidak atau dalam menentukan jurusan apakah yang tepat untuknya di perguruan tinggi. Semua masalah yang dihadapinya sama baiknya dan ia akan merasa bimbang yang memebuatnya dalam keadaan yang tidak menentu sehingga ia merasa sangat tersiksa. Bagi orang yang lemah berpikirnta karena masalah kebimbangan akan lama dialamai olehnya. Bagi orang yang kuat berpikirnya ia akan cepat mengambil keputusan sehingga kebimbangan cepat dapat diatasi.
2. Kesepian
Kesepian dialami oleh seseorang berupa rasa sepi dalam dirinya atau jiwanya, walaupun dalam lingkungan yang ramai sekalipun, kesepian akan terus dirasakannya. Berbeda dengan seorang pertapa yang tinggal ditempat sepi. Walaupun tempat mereka sepi tetapi hati mereka tidak sepi.
3. Ketakutan
Ketakutan dapat menyebabkan sesorang mengalami siksaan batin. Apabila rasa takut itu dibesar-besarkan, namun tidak pada tempatnya disebut phobia. Ketakutan bersifat psikis dan dapat timbul meskipun lingkungannya ramai.

No comments:

Post a Comment