Sunday, November 14, 2010

Pengaruh GameOnline Bagi Putra-Putri Bangsa

Perkembangan Teknologi saat ini sangat berdampak pada munculnya media-media baru. Dapat kita ambil contoh perkembangan Game atau aplikasi sebagai penghibur disaat-saat mencapai kejenuhan. Tidak dapat dipungkiri perkembangan game-game ini begitu cepat dari mulai model game dan hingga grafis-grafis yang disediakan oleh game tersebut hingga hampir mencapai tampak asli dalam dunia nyata.

Dahulu permainan Tetris sudah termasuk permainnan yang menghibur dan mengasikan, namun seiring berjalannya waktu dengan kecanggihan-kecanggihan teknologi yang telah tercipta. Secara tidak langsung permainan itu menjadi permainan masa purba namun dala benak kita permainan tersebut tidak dapat dilupakan dan selau dikenang.

Berawal dari game-game komputer yang telah diciptakan tak lama kemudian terciptalah media baru yang dapat membantu dalam memainkan game-game tersebut seperti contoh Nitendo, SEGA, PlayStation, dan game-game portable lainnya. Semua benda-benda tersebut tercipta dari sebuah komputer atau terinspirasi dari benda itu, yang kemudian dikembangkan oleh para ilmuan-ilmuan sehingga menciptakan benda tersebut. Dari perangkat-perangkat komputer tersebut diminimalis sehingga tercipta benda-benda tersebut.

Tak lama kemudian game portable terus-terus berkembang, muncullah suatu media baru yaitu Internet dimana dalam hal tersebut banyak membantu manusia dalam banyak hal, dalam hal kecil yaitu surat menyurat. Karena dengan menggunakan media ini kita lebih cepat mengirimkan surat kepada seseorang yang kita tuju hanya dalam hitungan menit hingga detik. Tidak seperti dadulu kala kita harus menyewa jasa pengantar surat-surat tersebut, namun kini baru berupa pengiriman surat yang dapat dipercepat dalam hitungan menit apakah masa yang akan datang akan muncul sebuah hasil karya dimana kita dapat mengirimkan benda atau barang dalam hitungan menit hingga detik itulah yang menjadi alasan dan bahan pikiran untuk New Media yang akan datang.

Dengan munculnya internet sehingga satu koputer dengan komputer lain, saling dapat bertukar data. Maka muncullah sebuah ide untuk membuat game dimana dapat dimainkan secara multi player dengan jarak yang jauh atau dapat dimainkan bersamaan dalam jarak yang sangat jauh maka muncullah suatu media permainnan baru yang dimainkan secara online atau biasa di sebut GameOnline. Banyak game-game online yang bertebaran di muka bumi ini. Dapat di ambil contoh PointBlank, RagnarokOnline, RF, WonderKing, AyoDance, dan game-game online yang terkenal lainnya. Namun sangking tajamnya perkembangan game tersebut dan penyebarluasannya yang sangat cepat, sehingga mengenai dampak pada anak-anak di bawah umur yang seharusnya mempunyai minat belajar yang tinggi namun dengan tidak tersaringnya penyebaran itu berdampak negatif pada anak-anak yang baru duduk di bangku SD dan SMP.

Dapat di ambil contoh, mungkin pada jaman sebelum munculnya game-game yang menggiurkan hati anak-anak kecil. Sepulang sekolah anak-anak tersebut sebagai penerus bangsa dimana pada hari itu mendapatkan tugas sebelum meraka bermain setidaknya meraka mengerjakan tugasnya dahulu agar mendapatkan kenyamanan dalam bermain dan pada permainkan mereka tidak begitu banyak mengeluarkan uang dibandingkan memainkan GameOnline tersebut.

Dalam hal ini telah banyak dibuktikan atau telah terbukti bahwa anak-anak yang telah tercandu atau telah kecanduan game tersebut selalu akan melakukan apa saja agar dapat melakukan atau memainkan game tersebut, apalagi pada game tersebut sedang terdapat sebuah event suatu kalimat yang umum diketahui oleh para pengGamers setia dia pasti tidak akan mau meninggalkan atau ketinggalan event tersebut.

Dengan ini banyaknya murid-murid yang membolos atau pergi kesuatu tempat agar dapat memainkannya tanpa diketahui orangtuanya dengan tidak memikirkan resiko-resiko pada dunia nyatanya yang akan diterima atau yang akan dihadapi. Dalam hal ini akan mengakibatkan menurunnya prestasi anak-anak bangsa dalam hal belajar, dan meningkatnya dalam hal permainnan dunia maya.

Namun mungkin dapat dibantu dengan munculnya game dimana dalam sarana game tersebut terdapat suatu pelajaran yang harusnya didapatkan oleh para pengGamers. Hal itu sangat dapat membantu dalam hal perkembangan daya pikir dan menciptakan sarana pembelajaran baru yang tidak sangat membosankan.

No comments:

Post a Comment