There was an error in this gadget

Wednesday, March 30, 2011

Manusia dan Tanggung Jawab

…Pengabdian

Yang dimaksud pengabdian adalah perihal mengabdi atau memperhamba diri. Dalam pengabdia harus disertai adanya rasa setia atau loyal terhadap yang diberi pengabdian sehingga ada kecendrungan yang sifatnya psikis, bukan materialistis.
Pengabdian tidak mudah dilepaskan dari kesadaran dan kewajiban. Sebab dengan bersumber pada hal-hal yang mengandung kesadaran moral atau hati nurani tersebut, akan timbul pemikiran tentang kewajiban dan perwujudan pada pengorbanan, yang semuanya dapat dirangkaikan dengan semacam benang merah, yaitu kesetiaan ataupun cinta kasih.
Pengabdian kepada agama atau kepada Tuhan terasa menonjol pada pengabdian yang dilakukan oleh para biarawan dan biarawati. Pada umumnya mereka itu adalah orang-orang yang terjun diladang Tuhan karena kesadaran moralnya dan panggilan Tuhan. Oleh karena itu mereka meninggalkan keluarganya dan berkeyakinan tidak akan berkeluarga, sehingga hamper seluruh waktu dan tenaga, maupun kegiatannya hanya tercurah untuk memuliakan Tuhan. Dengan agama yang tidak membedakan manusia atas dasar ras maupun bangsa, para biarawan dan biarawati ditempatkan didaerah-daerah yang jauh dan terpencil. Walaupun demikian mereka melaksanakannya denagn semboyan tugas suci. Selain pada gereja katolik, pada agaman Budha juga dikenal biarawati atau biarawan dengan sebutan biksu dan biksuni. Cara kehidupannya pun tidak jauh berbeda.

No comments:

Post a Comment