Wednesday, March 30, 2011

Kesepian

…Kesepian
Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang atau tidak berteman. Kesepain merupakan keterasingan yang dititikberatkan pada soal psikis. Misalnya seseorang yang berada di lingkungan yang sepi, psikisnya mudah terpengaruh sehingga dapat merasakan adanya keterasingan, khususnya kesepian. Namun, sesorang dalam suatu kerumunan karena di tempat ramai tersebut dia tidak merasa memiliki kawan, maka dirasakan adanya kesepian.
Beberapa gejala pada orang yang dirundung kesepian antara lain adalah sebagai berikut:
Apabila ia sedang duduk, pandangan matanya kedepan tampak agak sayu, kurang memberikan sinar yang terang dan pandangannya seperti kosong. Matanya tampak terbuka tapi pandangannya kurang memperhatikan apa yang ada di depannya.
Arti kesepian menjadi makin jelas bilamana seseorang merasa kesepian dalam keramaian. Yang ramai memang suasana luar dari orang yang merasakan kesepian, tetapi orang yang dirundung kesepian merasakan sepinya keadaan; yang ramai adalah suasana luar, yang menderita kesepian adalah jiwa seseorang. Yang merasakan keramaian adalah tubuh, tetapi tidak jiwanya.

No comments:

Post a Comment