There was an error in this gadget

Tuesday, April 17, 2012

Jenis-Jenis Game dan Opportunity Untuk Menunjang Creative Industry


Persaingan dalam dunia Video Game oleh pemeran Industri Game atau perorangan dalam menciptakan game-game yang baru dan canggih mengakibatkan banyak bermunculan game-game yang berbeda jenis. Perbedaan jenis game terletak pada gameplay, interaksi, dan kategori.  Gameplay merupakan sebuah sistem yang berjalan pada game. Sistem tersebut meliputi story line, cara bermain, menu, area permainan, dan lain sebagainya. Bisa jadi dua game memiliki banyak persamaan. Namun, yang membedakannya adalah bagaimana pemain memainkan dan berinteraksi dengan game. Berdasarkan hal-hal tersebut, game dikategorikan menjadi berbagai macam. 

Berikut ini macam-macam games yang paling umum :

Aksi

Genre ini merupakan macam game yang paling populer. Game jenis ini membutuhkan kemampuan refleks pemain dan timing yang tepat. Salah satu subgenre action yang populer adalah First Person Shooter (FPS).



First Person Shooter

Banyak sekali game sukses di pasaran yang termasuk dalam genre ini. Game jenis ini memerlukan kecepatan berpikir. Game ini dibuat seolah-olah pemain yang berada dalam suasana tersebut. Contoh game genre ini, misalnya Half Life, Crysis, Call of Duty: Modern Warfare, dan lain sebagainya.



Aksi-Petualangan

Genre ini memadukan gameplay aksi dan petualangan. Pemain diajak untuk menelusuri gua bawah tanah sambil mengalahkan musuh, mencari artefak kuno, menyeberangi sungai dan sebagainya. Saat ini kebanyakan genre ini sudah mengadopsi 3D. Tom Clancy Splinter Cell, Hitman, Tomb Tider dan Prince of Persia termasuk dalam game ini.



Simulasi, Konstruksi, dan Manajemen

Pemain dalam game ini diberi keleluasaan untuk membangun, berekspansi, dan mengatur komunitas fiksi atau proyek tertentu dengan bahan baku yang terbatas. Contohnya adalah SimCity, The Sims, dan Spore.



Role Playing Games (RPG)

Dalam RPG pemain dapat memilih satu karakter untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, karakter tersebut dapat berubah, bertambah skill-nya, bertambah senjatanya, bertambah hewan peliharaannya dan lain sebagainya. Final Fantasy, World of Warcraft, Fallout, dan Dragon Quest termasuk dalam genre ini.



Strategi

Cikal bakal genre ini adalah board game. Genre strategi menitikberatkan pada kemampun berpikir dan organisasi. Game strategi dibedakan menjadi dua, yaitu Turn Based Strategy dan Real Time Strategy.

Real Time Strategy

Genre ini mengharuskan pemain membuat keputusan dan secara bersamaan pihak lawan juga beraksi hingga menimbulkan serangkaian kejadian dalam waktu yang sebenarnya. Contohnya adalah Age of Empires, Starcraft, Rise of Nation dan Command and Conquer.



Turn Based Strategy

Dalam game ini pemain bergantian menjalankan taktiknya. Saat pemain mengambil langkah, pihak lawan menunggu. Demikian juga sebaliknya. Termasuk dalam genre ini adalah Heroes of Might and Magic, Front Mission dan Master of Orion.



Balapan

Pemain dapat memilih kendaraan, mendandani lalu melaju di arena balap. Tujuannya hanya satu, yaitu mencapai garis finish tercepat. Misalnya Need For Speed, Grand Turismo, Top Gear, Daytona dan lain sebagainya.



Olahraga

Genre ini membawa olahraga ke dalam komputer atau konsol. Biasanya gameplay dibuat semirip mungkin dengan kondisi olahraga yang sebenarnya. Termasuk dalam genre ini adalah FIFA, Winning Eleven, PES, NBA, Tony Hawk Pro Skater, dan lain-lain.



Puzzle

Genre puzzle menyajikan teka-teki, menyamakan warna bola, perhitungan matematika, menyusun balok, dan sebagainya. Misalnya Tetris, Bejeweled, Minesweeper, dan Bomberman.


Refrensi : www.anneahira.com

No comments:

Post a Comment